Upacara Penyambutan Satgasmar Ambalat XIV

SURABAYA-(IDB) : Komandan Resimen Bantuan Tempur-1 Marinir Kolonel Marinir Nurry Andrianus Djatmika mewakili Komandan Pasmar-1 Brigadir Jenderal TNI (Mar) R. Gatot Suprapto menyambut kedatangan Satuan Tugas Marinir Ambalat XIV di lapangan apel Batalyon Infanteri-5 Marinir, Ujung, Surabaya, Senin, (5/11).

Upacara penyambutan 130 prajurit Korps Marinir yang tergabung dalam Satuan Tugas Marinir Ambalat XIV dengan Komandan Satgas Kapten Marinir Suherman itu, juga dihadiri oleh Asops Pasmar-1 Kolonel Marinir Y. Rudi Sulistyanto, Aspers Pasmar-1 Kolonel Marinir Daru Sukendar, Wadan Brigif-1 Mar Letkol Marinir Atam, para Komandan Satlak dan pejabat teras dijajaran Pasmar-1.


Dalam amanatnya yang dibacakan Komandan Resimen Bantuan Tempur-1 Marinir, Komandan Pasmar-1 menyampaikan ucapan selamat datang dan selamat kembali bergabung dengan induk pasukan serta selamat bertemu dengan keluarga setelah kurang lebih tujuh bulan memenuhi tugas mulia melaksanakan panggilan ibu pertiwi, guna mengamankan blok Ambalat dari gangguan dan ancaman pihak lawan dalam rangka menjaga dan mempertahankan kedaulatan NKRI.


Sebagaimana kita ketahui bersama, lanjutnya, blok Ambalat ini menjadi daerah yang rawan, selain memiliki sumber alam yang melimpah, juga secara geografis posisinya berada di perbatasan, maka apabila tidak dijaga dan dipertahankan oleh prajurit Korps Marinir TNI AL, blok Ambalat bisa menjadi giliran berikutnya wilayah NKRI yang dicaplok oleh Negara tetangga.


“Kalian telah melaksanakan tugas menjaga keutuhan wilayah dan kedaulatan NKRI di blok Ambalat dengan sebaik-baiknya, dampaknya bisa kita lihat dan rasakan bahwa keamanan serta ketahanan di blok Ambalat semakin kondusif, selain itu masyarakat juga merasa tenang dan nyaman dalam melaksanakan aktifitas sehari-hari,” tegas orang nomor satu dijajaran Pasmar-1 itu.


Lebih lanjut Komandan Pasmar-1 menyampaikan bahwa keberhasilan dalam melaksanakan tugas akan memiliki nilai kebahagiaan dan kepuasan tersendiri dalam kehidupan kita sehari-hari, apalagi jika diikuti dengan rasa ikhlas dan tulus sebagai sarana beribadah kepada Allah SWT, kita akan mendapat balasan yang berlipat ganda. Namun demikian janganlah keberhasilan tersebut membuat kita hanyut dalam pujian dan bergembira secara berlebihan, karena tugas lainnya sudah menunggu di depan kita.


Pada kesempatan tersebut Komandan Pasmar-1 atas nama pribadi dan pimpinan Korps Marinir TNI AL mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada Komandan Satgasmar Ambalat XIV beserta anggotanya atas keberhasilan dalam melaksanakan tugas, semoga apa yang telah didapatkan selama di daerah penugasan bisa dijadikan sebagai bekal pengalaman dan kontribusi positif bagi Korps Marinir TNI AL.


Sebelum mengakhiri amanatnya Komandan Pasmar-1 menyampaikan beberapa penekanan kepada angota Satgasmar Ambalat XIV yaitu agar selalu meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, segera menyesuaikan diri dengan lingkungan satuan, melaksanakan tertib administrasi khususnya pengembalian inventaris pinjaman termasuk senjata dan amunisi, selain itu juga menjadikan prestasi dan pengalaman berharga ini sebagai motifasi untuk meningkatkan semangat pengabdian kepada Korps Marinir, TNI AL, TNI, Bangsa dan Negara serta yang tidak kalah pentingnya agar menghindari kegembiraan yang berlebihan sehingga dapat merugikan diri sendiri dan keluarga, disamping itu juga agar manfaatkan waktu istirahat untuk membina keluarga dan recovery kesehatan.


Sementara itu Komandan Satgasmar Ambalat XIV Kapten Marinir Suherman mengatakan bahwa selama melaksanakan penugasan, anggotanya ditempatkan dibeberapa pos di pulau Sebatik yaitu di Sei Pancang, Sei Taiwan, Sei Bajau, Tembaring, Balansiku, Bambangan dan Nunukan.




Sumber : Kormar

0 komentar:

Poskan Komentar

 

Gossip Selebrities Copyright © 2011-2012 Supported by: cara membuat blog | Powered by Blogger